28 Sep 2008

Budaya Bernama "Mudik"

Inilah hajatan tahunan Pemerintah bernama "mudik". Sudah menjadi tradisi dari bangsa ini bahwa setiap lebaran tiba Pemerintah harus menyiapkan semua fasilitas agar masyarakat yang akan "mudik" merasa nyaman dalam perjalanan.

Saya belum menemukan dari mana asal muasal kata "mudik". Jika saya interpretasikan sendiri "mudik" itu berasal dari kata "menuju udik" he..he.. Menuju udik artinya orang-orang yang bepergian dari kota menuju "udik" atau kampung. Jadi artinya jika selama ini orang-orang yang tinggal di Jakarta pada "mudik" itu bisa diartikan bahwa orang-orang yang tinggal di Jakarta adalah orang-orang "udik" atau kampung..

Dalam perkembangan selanjutnya "mudik" adalah perpindahan massal penduduk dari kota menuju "udik" atau kampung yang dikemas sebagai "komoditas" sosial dalam kemasan modern. Karena jumlah perpindahan pendududuk sangat besar maka Pemerintah pun dituntut untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan pemudik agar berjalan lancar dan nyaman.

Lalu kenapa setiap lebaran tiba kota Jakarta sepi dan lengang ? Ya..itu artinya penduduk kota Jakarta adalah orang-orang "udik" alias orang-orang kampung. Jadi kita nggak perlu marah dan kesal jika dibilang kita orang kampung.

Gambar : Grafisfreehand.blogspot.com

0 comments: