7 May 2020

Mengganti Favicon untuk Kedua Kali

Buat yang suka nge-blog tentu tidak asing lagi dengan istilah favicon. Ya.., favicon adalah favorit icon sebagai identitas blog atau website yang muncul di tab browser atau bookmark browser.

Saya akan sedikit membagi tips cara mengganti favicon khususnya yang menggunakan platform blogger. Disini saya tulis berdasarkan pengalaman saya mengganti favicon yang ke-2 kali, namun sebelum saya mengganti favicon ke-2 saya sudah terlebih dahulu mengganti tempelate blog dan tidak sempat saya back up. Nah timbul masalah, setelah saya ganti favicon sesuai dari referensi yang saya baca, ternyata selalu gagal. Dan favicon tidak berubah walaupun sudah saya ganti linknya melalui HTML.

Contoh favicon

Nah jika agan mengalami hal yang sama seperti saya, berikut tips supaya favicon bisa berubah setelah sebelumnya telah agan ganti tempelatenya. Saya anggap agan sudah lancar ngeblog ya.., jadi saya langsung to the point aja.

Segera saja login ke blogger agan dan masuk ke tab Thema --> kemudian Edit HTML. Pada halaman edit HTML, biasanya kode link favicon ada diantara kode <head>..</head>. Silahkan agan cari ya....

Para blogger banyak yang menyarankan agar kode link url favicon diletakan persis diatas kode </head>. Tapi saya sendiri meletakan dibawah kode <head>. Biasanya tempelate blog menyediakan tempat untuk link favicon. Kalau di saya tempelate sudah menyediakan kodenya seperti dibawah ini dan format html ini untuk gabmar favicon yag ber-exstensi .jpg atau .png

<link href='Your-Favicon-Url' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>

Untuk gambar favicon yang ber-exstensi .ico biasanya ditulis dan menggunakan kode seperti ini :

<link rel='icon' href='favicon.ico' type='image/x-icon'/>
<link rel='shortcut icon' href='favicon.ico' type='image/x-icon'/>

Tulisan yang warna merah silahkan agan isi dengan link lokasi favicon berada. Gambar favicon bisa disimpan di penyimpanan online gratis seperti picasa dan lainnya. Kebanyakan para blogger menyarankan gambar untuk favicon dibuat dalam bentuk file dengan extensi .ico. Namun ada juga yang menggunakan format extensi .jpg atau .png seperti yang punya saya. Untuk mengubah file ke format extensi .ico silahkan agan cari di internet situs untuk merubah file menjadi .ico.

Jika sudah mendapatkan link URL untuk gambar favicon silahkan upload di halaman HTML dan jangan lupa save dulu, dan setelahnya segera refresh blog agan ( bisa tekan F5 ). Jika gambar favicon belum berubah juga, coba cari kode berikut di halaman HTML :

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Hapus kode diatas dari halaman HTML, kemudian refresh kembali blog agan.
Semoga ini membantu  .....
Salam blogger ..


 

1 comments:

Anonymous said...

Makasih banyak sangat membantu. Saya kemarin error terus.
Social Microsoft
Know Your Meme
Clara Behance
Xing Com
Storify Me