12 Jul 2008

Kembali ke Sekolah = Jalanan Macet

Mulai hari Senin besok tepatnya tanggal 14 Juli 2008 anak-anak sekolah dari SD s/d SMU akan kembali masuk sekolah untuk memulai tahun ajaran baru. Bagi saya yang pekerja tentu ini akan sedikit menguras energi. Apa pasalnya ? Ya....setiap anak sekolah sudah mulai masuk lagi, suasana di jalan raya akan kembali macet. Saya yakin hal ini juga di rasakan oleh anda semua. Ketika anak-anak sekolah memasuki masa libur jalanan di Jakarta terlihat lancar ( kecuali jalan protokol seperti Sudirman )

Memang saat ini belum ada survei mengenai dampak kemacetan dari akibat anak-anak sekolah ini, dan juga belum ada survei mengenai berapa persen berkurangnya tingkat kemacetan di Jakarta ketika anak-anak sekolah libur.

Sebagai gambaran saja, ketika anak-anak sekolah tidak libur saya membutuhkan waktu sekitar 45 - 60 menit untuk bisa sampai di lokasi kerja dengan cacatan saya berangkat pada pukul 06:30 WIB dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Tapi ketika anak-anak sekolah libur saya hanya membutuhkan waktu paling lama 30 menit untuk bisa sampai ke lokasi kerja dan itupun saya berangkat dari rumah pukul 07:00 WIB. Anda hitung sendiri berapa waktu yang terpangkas ketika anak-anak sekolah libur ....

Jadi menurut saya..., yang bikin jalan Jakarta begitu macet di pagi hari adalah karena anak-anak sekolah. Saya tidak menyalahka anak sekolah, tapi begitulah keadaanya. Ketika anak sekolah berangkat, ada banyak angkutan umum yang berhenti di depan sekolah untuk turunkan penumpang, mobil pribadi pengantar sekolah dll.

Jika dihitung-hitung ada puluhan ribu kendaraan ribadi yang bergerak untuk mengantarkan anak sekolah. Saya ambil satu contoh saja seperti sekolah favorit ( Al Azhar ). Ketika anak sekolah masuk saya yakin jalan di sekitar Al Azhar akan macet. Betapa tidak, jika Al Azhar memiliki 1.000 siswa dan satu siswa diantar oleh satu mobil pribadi, itu artinya ada seribu kendaraan yang bergerak ke satu lokasi. Ini baru satu sekolahan, bagaimana jika seluruh sekolah di Jakarta orang tua murid mengantar anaknya masuk sekolah dengan menggunakan kendaraan pribadi ..?

Saya yakin jalanan di Jakarta akan macet. Tidak percaya..? Coba buktikan hari Senin besok tanggal 14 Juli nanti....

Dinginkan pikiran dan bersiaplah untuk kena macet.....!

0 comments: