14 Oct 2008

Apa Itu Website "WIKI" ?


Sebagian orang ( yang suka browsing ) tentu sudah mengenal website WIKI. Ini ada sedikit ulasan mengenai website WIKI yang mulai diminati oleh masyarakat.

Wiki merupakan istilah sebuah website yang mengijinkan siapapun berkontribusi menambah dan mengubah konten website tersebut. Maka dari itu, komunitas merupakan kekuatan utama dari website WIKI.


Umunya WIKI memiliki standar bahasa yang mirip dengan HTML, tetapi dalam bentuk yang lebih sederhana ( sederhana bagi yang sudah advance he..he..).

Hal yang sering diberdebatkan adalah mengenai akurasi dari beritanya, karena WIKI bisa ditulis oleh siapa saja. Hal ini tentu jika dibandinkan dengan penulis berita yang pendidikannya tinggi ( katakanlah pakar ) lengkap dengan sederet gelar akademis da prestasi yang mengagumkan.

Tapi perlu diingat, kenyataannya adalah bahwa tidak ada seorang pakarpun yang mengetahui semua hal, sementara setiap orang pasti mengetahui sesuatu. Bisa dibayangkan jika setiap orang menyumbangkan satu saja tulisan ( berita ) yang diketahuinya, maka akan terbentuk sebuah gudang pengetahuan yang sangat luas. Ini sudah dibuktikan oleh website WIKI seperti Wikipedia.

Dimana Bisa Membuat Website WIKI ?
Ini hanya beberapa saja dari puluhan website penyedia software WIKI secara gratis. Anda bisa menggunakan dari pmWiki, MediaWiki dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa menggunakan website yang menyediakan layanan hosting dan engine WIKI. Salah satunya adalah milik Google yaitu Google Sites.

Untuk keperluan yang lebih besar, anda bisa membangun sebuah portal enterprise yang menciptakan kolaborasi dokumen dan workspace dimana WIKI merupakan salah satu komponennya. Untuk keperluan ini beberapa pilihan antara lain Microsoft SharePoint atau
Liferay

Contoh-contoh diatas hanyalah beberapa alternatif dari banyak pilihan yang tersedia untuk membuat website WIKI. Pilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anda.

Sumber : dari berbagai sumber




[ JanganBaca ]

Jalanan Jakarta kembali macet..!
-- Siap untuk stress lagi.. --

Pemerintah jamin RP 2 milyar untuk simpanan nasabah Bank menyusul krisis global
-- Latah ikut-ikutan panik.. --



2 comments:

awan_clickerz said...

alluw sobat,
aku pun dah bikin account di WIKI, tp lom di apdet sih, lom ngerti...
sapa tau sobat ini bs nutor gt..hehe...tp emang bener wiki informnya bagus kok,ya National Geographic ny kita punya lah..
Yup !

zlam said...

Wah kalo u nutor..gue juga masih belajar..he..he...